Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024 Digelar Bulan Agustus di UMS


Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024 Digelar Bulan Agustus di UMS


Surakarta– Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sofyan Anif, menyatakan kesiapannya menyambut peserta Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah yang akan diselenggarakan di UMS, 10-11 Agustus yang akan datang. Bahkan Sofyan Anif mempersilahkan menggunakan Edutorium bila peserta membludak. Hal ini disampaikan Sofyan Anif saat audiensi MPI PP Muhammadiyah ke UMS, jumat (19/7) di ruang kerjanya. 

MPI PP Muhammadiyah yang diwakili oleh wakil ketua bidang pengembangan media dan Jurnalistik, Roni Tabroni dan wakil ketua bidang kearsipan dan museum, Wiwied Widyastuti, menyambut gembira pernyataan rektor tersebut. Menurut Wiwied Widyastuti akan ada lima komunitas yang hadir di festival tersebut. 

Kelima komunitas itu ialah komunitas taman pustaka Muhammadiyah, LBSO Aisyiyah, media afiliasimu, penerbit Muhammadiyah dan MPI PWM Se Indonesia. “Pembukaannya bareng, setelah itu ada acara masing-masing,” ungkap cicit KH Ahmad Dahlan ini. 

Kegiatan masing-masing komunitas diantaranya kongres serikat taman pustaka, jambore media afiliasi Muhammadiyah dan hari dongeng Aisyiyah.

Di sisi lain, Sofyan Anif menyampaikan apresiasi atas keberadaan media afiliasimu. “Perlu disinergikan agar mampu mengelola isu yang berguna untuk persyarikatan,” saran Sofyan Anif. 

Sofyan mengingatkan keberhasilan Muktamar kemarin salah satunya atas peran pemberitaan yang intensif dari rekan-rekan media afiliasimu. “Kami berterimakasih atas pemberitaan-pemberitaan muktamar lalu,” tambahnya.

Roni Tabroni mengamini yang disampaikan Sofyan Anif. “Secara kuantitas jumlah media afiliasimu terus bertambah, di jambore media afiliasimu kali ini akan dirumuskan peningkatan kualitas kelembagaan dan jurnalisnya agar mampu meningkatkan branding persyarikatan di dunia Maya,” terang dosen Komunikasi UMBandung ini. 

Diperkirakan sebanyak 200 pegiat pers dan literasi akan hadir dalam Jambore pers dan literasi Muhammadiyah tahun ini. Venue jambore di kampus UMS, Pesantren Mahasiswa UMS dan Edutorium.(Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama