Bupati Pemalang Diwakili Camat Belik Menerima Mahasiswa KKN UMP


Bupati Pemalang Diwakili Camat Belik Menerima Mahasiswa KKN UMP


Pemalang — Bupati Pemalang Mansur Hidayat S.T, M.Ling di wakili Camat Belik Muchammad Maksum S.IP, memimpin apel penerimaan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Purwokerto  yang dilaksanakan di halaman Pendopo Kecamatan Belik , Kabupaten Pemalang. Senin(29/07/2024).

Acara ini dihadiri Forkompincam Belik, Sekcam, Kasi Trantib,Kepala Desa se-kecamatan Belik, Bappeda, WR 4 UMP dan Koordinator KKN.

Dalam sambutannya, Bupati Pemalang yang di bacakan Camat Belik Muchammad Maksum S.IP Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat,hidayah dan inayah-Nya, sehingga kita dapat berhimpun dan bersilaturahmi di sini dalamkeadaan sehat wal‘afiat guna mengikuti acara“Penerimaan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata(KKN) Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tahun 2024 - 2025 Semester Gasal Di Kabupaten Pemalang”.Atas nama Pemerintah Kabupaten Pemalang, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto, karena pada tahun 2024 ini, Kabupaten Pemalang dipilih sebagai lokasi KKN bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Hal ini merupakan kepercayaan yang sangat berarti,sekaligus wujud dukungan nyata segenap Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Purwokerto terhadap upaya terwujudnya Pemalang Hebat.

KKN merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat. Kegiatan ini tentu jangan hanya dianggap sebagai sebuah syarat untuk menyelesaikan kewajiban dan tuntutan kurikulum yang dibebankan Perguruan Tinggi kepada para mahasiswa, namun KKN juga merupakan suatu tugas pengabdian yang diberikan kepada para mahasiswa sebagai perwujudan nyata,keterikatan emosional antara dunia kampus dengan masyarakat.

Melalui kegiatan KKN ini, mahasiswa diharapkan dapat melakukan proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa mengikuti perkuliahan di kampus kepada masyarakat,sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Dengan kegiatan KKN,saudara-saudara mempunyai kesempatan untuk melakukan pembelajaran dan pemberdayaan kepada masyarakat melalui program yang telah disiapkan sesuai dengan dinamika, karakteristik dan perkembangan masyarakat setempat serta menggali potensi yang ada untuk dapat dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat.

Dapat Saya sampaikan bahwa secara umum masyarakat di Kabupaten Pemalang, khususnya di daerah pedesaan, masih sangat memerlukan motivasi, dorongan, dan pembinaan untuk mampu lebih berdaya dalam mengelola sumber daya atau potensi yang terdapat diwilayahnya. Saat ini kami masih dihadapkan pada realita perma-salahan yang cukup kompleks, yaitu masih tingginya angka kemiskinan, tingkat pengang-guran terbuka serta daya beli masyarakat yang masih rendah.

Gambaran kondisi ter-sebut merupakan tantangan yang tidak ringan. Walaupun Pemerintah Kabupaten Pemalang, dengan dukungan pemerintah pusat dan provinsi secara terus menerus melakukan berbagai upaya untuk membangun dan memajukan desa, namun dalam implementasinya masih memerlukan banyak keterlibatan dan dukungan stakeholders lainnya.

Pemerintah tentunya tidak dapat berja-lan sendirian. Dukungan serta partisipasi aktif segenap komponen masyarakat, baik pihak swasta maupun perguruan tinggi menjadi faktor strategis yang mampu menggerakan masyarakat untuk merencanakan dan mene-rapkan berbagai program kegiatan yang ber-muara pada peningkatan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa. Dalam kon-teks tersebut, program KKN sebagai realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, merupakan kegiatan yang memberikan manfaat ganda, baik untuk kepentingan mahasiswa dan perguruan tinggi, juga bagi pemerintah daerah dan masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutan ini terkait dengan pelaksanaan KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto kiranya ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan sebagai berikut :

Pertama, Kepada Camat dan jajaran Dinas maupun Instansi terkait, agar ikut memfasili-tasi pelaksanaan KKN ini dari awal sampai selesai agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Berikanlah bimbingan dan arahan serta petunjuk yang diperlukan, agar kegiatan KKN dapat bermanfaat bagi masyarakat;

Kedua, kepada Kepala Desa lokasi KKN agar mendukung pelaksanaan kegiatan KKN ini. Intensifkan koordinasi dan komunikasi agar keberadaan mahasiswa dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa; 

Ketiga, kepada mahasiswa peserta KKN untuk dapat menciptakan suasana kondusif di desa masing-masing. Lakukan pendekatan secara baik kepada masyarakat dengan selalu mencermati situasi dan kondisi yang ada. Sesuai dengan program dan tema KKN yang telah disusun, berikanlah pendampingan untuk aktivitas kelembagaan yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Selain itu, perlu dicermati bersama bahwa suhu udara dingin sedang terjadi pada musim penghujan ini, sehingga para peserta KKN diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk mengantisipasi dampak suhu dingin tersebut.(Red)




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama